::TRANSJEKTORY


Contributor
February 4, 2009, 3:06 pm
Filed under: CONTRIBUTORS

Afthonul Afif, S.Psi., lahir di Kudus dari sepasang suami-istri yang berprofesi sebagai petani. Pendidikan dasar dan menengahnya diselesaikan di kota kelahirannya, Kudus. Berbekal doa dari kedua orangtuanya dan sedikit uang saku, lelaki berkacamata ini pada tahun 1999 nekad hijrah ke Yogyakarta untuk melanjutkan pendidikan tingginya. Setelah “lontang-lantung” selama setahun di Kota Gudeg, akhirnya pada tahun 2000 resmi terdaftar sebagai mahasiswa di Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45, lulus tahun 2005.

Merasa ada yang kurang “komplit” dengan apa yang sudah dipelajarinya, sejak tahun 2001, ayah dari bocah lelaki bernama Kemal ini memutuskan untuk belajar di Jurusan Filsafat dan Teologi, Fakultas Ushuluddin, Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga, Yogyakarta. Pada usia 24 tahun, memutuskan menikah, karena terobsesi dengan tokoh kesayangannya, Abraham Maslow, yang karir intelektualnya kian cemerlang setelah menikah pada usia 20 tahun.

Berharap mendapat peruntungan layaknya Maslow, lelaki yang biasa disapa “Afif” ini sejak tahun 2006 melanjutkan studinya di Program Studi Psikologi, Sekolah Pascasarjana Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta. Kecintaannya terhadap dunia tulis-menulis dibuktikan dengan keaktifannya mempublikasikan esei-eseinya di kolom “ide” Koran Tempo Minggu dan sejumlah media massa nasional lainnya sejak tahun 2004. Bergabung dengan MelayuOnline.com (MelOn) sejak April 2008 sebagai redaktur budaya. Menurut lelaki yang menggilai buku, musik Jazz, dan sepakbola ini, MelOn adalah tempat yang tepat untuk belajar dan berkarya.


Leave a Comment so far
Leave a comment



Leave a comment